Mata Kuliah : Kepemimpinan Pendidikan Islam
Komponen/Bobot: MKU/3 SKS
Program : S2-Pascasarjana IAIN Jember
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Dosen Pembina : Prof. Dr. H. Ahmad Fatoni, M.Ag
Dr. Hj. St. Rodliyah, M.Pd
Soal
Komponen/Bobot: MKU/3 SKS
Program : S2-Pascasarjana IAIN Jember
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Dosen Pembina : Prof. Dr. H. Ahmad Fatoni, M.Ag
Dr. Hj. St. Rodliyah, M.Pd
Soal
1.
Pemimpin
Pendidikan Islam seharusnya memiliki etika dan moral yang baik, namun saat ini
masih ada pemimpin di lingkungan Kementrerian Agama yang melakukan korupsi
seperti yang terjadi pada 2 mantan menteri agama kita kena kasus hukum.
Bagaimana menurut pendapat saudara berdasarkan teori nilai, etika dan moral
dalam kepemimpinan pendidikan Islam?
2.
Jelaskan hasil
penelitian tentang teori kepemimpinan berdasarkan perilaku dari:
a.
Studi Ohio
b.
Studi Michigan
3.
Ada banyak
model kepemimpinan antara lain: (1) trails model of leadership, (2) model
of situational leadership, (3) model of effective leadership, (4) contingency
model of leadership, (5) model of transformational leadership, dan
(6) model of transactional leadership.
Dari 6 model kepemimpinan di atas, menurut Saudara model mana yang cocok
dilaksanakan di lembaga pendidikan Islam dan pesantren?
4.
a. Mengapa
pertumbuhan jabatan dan pengembangan karir guru itu penting?
b. Bentuk-bentuk pembinaan dan pengembangan
profesi guru dapat dilaksanakan dengan cara apa saja?
5.
Evaluasi
kinerja kepemimpinan pendidikan Islam bisa dilihat dari indikator keberhasilan
kinerjanya. Indikatornya meliputi apa saja jelaskan?
6.
Menurut
Saudara kecerdasan emosional kepala madrasah yang seperti apa yang mampu mengendalikan
konflik di madrasah? Beri contoh konkrit!
Jawaban
COMING SOON
0 komentar:
Posting Komentar