Rabu, 10 Februari 2016

Penelitian Lima Kawasan Teknologi Pembelajaran

LAPORAN PENYELENGGARAAN DAN APLIKASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DI MTs NEGERI SUMBERBARU

Ditulis untuk Memenuhi Tugas Akhir Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran
Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam






Oleh:
Fakhriyatus Shofa Alawiyah
NIM. 084 9315 003


Dosen Pengampu:
Dr. Mashudi, M.Pd

PROGRAM PASCASARJANA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
(PPs IAIN) JEMBER
Januari, 2016


 


KATA PENGANTAR
            Bismillahirrohmanirrohim, Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan hidayah dan karunia-Nya sehingga laporan penyelenggaraan dan aplikasi teknologi pembelajaran ini dapat terselesaikan. Laporan ini disusun sebagai tugas akhir mata kuliah Teknologi Pembelajaran dari hasil kegiatan observasi di MTs N Sumberbaru, Jember.
            Namun penulis menyadari laporan ini tidak dapat tersusun dan terselesaikan dengan baik tanpa bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada:
1.        Bapak Drs. Syaiful Anwar, M.Pd.I selaku kepala sekolah MTs N Sumberbaru
2.        Ibu Hj.Lilik Habibah, S.Pd selaku kepala TU MTs N Sumberbaru yang berkenan memberikan ijin untuk mengadakan observasi di madrasah tersebut.
3.        Ibu siti Asiyah, S.Pd selaku guru mata pelajaran PKN yang telah bersedia menjadi objek pengamatan sekaligus narasumber untuk observasi.
4.         Ibu Munfarida, S.Ag selaku guru mata pelajaran Akidah Akhlak yang telah bersedia menjadi objek pengamatan sekaligus narasumber untuk observasi.
5.        Ibu Maisaroh, S.Pd.I selaku guru mata pelajaran al-Quran Hadis yang telah bersedia menjadi objek pengamatan sekaligus narasumber untuk observasi.
6.        Ibu Mar’atul Hasanah,S.Ag selaku guru mata pelajaran Fiqih yang telah bersedia menjadi objek pengamatan sekaligus narasumber untuk observasi.
7.        Bapak Zoedianto, M.Pd.I selaku WaKa Kurikulum yang telah bersedia menjadi narasumber untuk observasi.
8.        Bapak Roni selaku WaKa Kesiswaan yang telah bersedia menjadi narasumber untuk observasi.
9.        Ibu Risa, yang telah bersedia menjadi narasumber untuk observasi.
10.    Dr. Mashudi, M.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah teknologi pembelajaran yang telah memberikan banyak bimbingan selama
Akhirnya,  semoga  Allah  SWT  membalas semua kebaikan bapak/ibu dan memberikan manfaat atas penulisan laporan ini. Amin.
                                                                                    Jember, 21 Januari 2016
                                               
                                                                                    Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL................................................................................. i
KATA PENGANTAR.............................................................................. ii
DAFTAR ISI.............................................................................................. iii
DAFTAR TABEL..................................................................................... v
BAB I Pendahuluan................................................................................... 1
      A.    Latar Belakang................................................................................. 1
      B.     Rumusan Masalah............................................................................ 2
      C.     Tujuan.............................................................................................. 2
      D.    Langkah, Waktu dan Tempat Pelaksanaan...................................... 2
BAB II Laporan Penyelenggaraan Teknologi Pembelajaran................ 3
     A.    Kawasan Desain............................................................................... 3
1.      Desain Sistem Pembelajaran...................................................... 3
2.      Desain Pesan.............................................................................. 4
3.      Strategi Pembelajaran................................................................. 4
4.      Karakteristik Peserta Didik........................................................ 5
     B.     Kawasan Pengembangan................................................................. 6
1.      Teknologi Cetak......................................................................... 6
2.      Teknologi Audiovisual............................................................... 7
3.      Teknologi Berbasis Komputer.................................................... 7
4.      Teknologi Terintegrasi................................................................ 8
     C.     Kawasan Pemanfaatan..................................................................... 8
1.      Pemanfaatan Media................................................................... 8
2.      Difusi Inovasi............................................................................. 9
3.      Implementasi dan Institusionalisasi........................................... 9
4.      Kebijakan dan Regulasi............................................................. 10
     D.    Kawasan Evaluasi............................................................................ 10
1.      Analisis Masalah........................................................................ 10
2.      Evaluasi Formatif dan Sumatif.................................................. 10
      E.     Kawasan Pengelolaan...................................................................... 11
1.      Pengelolaan Sumber Daya Manusia........................................... 11
2.      Pengelolaan Informasi................................................................ 11
3.      Peluang dan Tantangan.............................................................. 12
BAB III Pembahasan................................................................................. 13
      A.    Kawasan Desain............................................................................... 13
1.      Desain Sistem Pembelajaran...................................................... 13
2.      Desain Pesan.............................................................................. 14
3.      Strategi Pembelajaran................................................................. 15
4.      Karakteristik Peserta Didik........................................................ 15
      B.     Kawasan Pengembangan................................................................. 16
1.      Teknologi Cetak......................................................................... 17
2.      Teknologi Audiovisual............................................................... 18
3.      Teknologi Berbasis Komputer.................................................... 18
4.      Teknologi Terintegrasi................................................................ 19
      C.     Kawasan Pemanfaatan..................................................................... 19
1.      Pemanfaatan Media................................................................... 20
2.      Difusi Inovasi............................................................................. 20
3.      Implementasi dan Institusionalisasi........................................... 21
4.      Kebijakan dan Regulasi............................................................. 22
      D.    Kawasan Evaluasi............................................................................ 22
1.      Analisis Masalah........................................................................ 22
2.      Evaluasi Formatif dan Sumatif.................................................. 23
      E.     Kawasan Pengelolaan...................................................................... 23
1.      Pengelolaan Sumber Daya Manusia........................................... 23
2.      Pengelolaan Informasi................................................................ 24
3.      Peluang dan Tantangan.............................................................. 24
BAB IV Penutup........................................................................................ 25
Kesimpulan.........................................................................................  25
Daftar Pustaka
Lampiran-Lampiran


DAFTAR TABEL
No
Uraian
Halaman
3.1
Data Kawasan Pengembangan di MTs N Sumberbaru
16



BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Teknologi pembelajaran merupakan teori dan praktik dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta evaluasi tentang proses dan sumber untuk belajar.[1] Teknologi pembelajaran kini tidak hanya sebatas sebagai sebuah alat akan tetapi telah menjadi sebuah bidang kajian tersendiri yang memiliki tujuan untuk merancang, mengembangkan, dan memanfaatkan berbagai sumber belajar. Dengan empat ciri utamanya yaitu menerapkan pendekatan sistem, menggunakan sumber belajar, bertujuan meningkatkan kualitas belajar serta berorientasi pada kegiatan instruksional individual.
Tidak hanya teori teknologi pembelajaran juga merupakan praktik dalam lima kawasan diantaranya adalah kawasan desain yang meliputi desain sistem pembelajaran, desain pesan, strategi pembelajaran, karakteristik peserta didik, kawasan pengembangan yang meliputi teknologi cetak, audiovisual, berbasis komputer serta teknologi terintegrasi, kawasan pemanfaatan yang meliputi pemanfaatan media, difusi inovasi, implementasi dan institusionalisasi serta kebijakan dan regulasi, kawasan pengelolaan yang meliputi pengelolaan SDM, pengelolaan informasi, peluang dan tantangan, kawasan evaluasi yang meliputi analisis masalah, evaluasi sumatif, evaluasi formatif. Adapun penyelenggaraan dan aplikasi teknologi pembelajaran yang mencakup lima kawasan ini tentu berbeda antara satu lembaga pendidikan satu dengan yang lain.
Contohnya saja pada mata pelajaran PAI, dimana mata pelajaran tersebut di lembaga pendidikan merupakan tonggak yang paling penting dalam tujuannya untuk membantu memperbaiki akhlak peserta didik. Hari ini, tantangan yang dihadapi dalam PAI sebagai sebuah mata pelajaran adalah bagaimana mengimplementasikan PAI bukan hanya mengajarkan pengetahuan saja akan tetapi bagaimana mengarahkan peserta didik agar memiliki akhlak mulia. Sama halnya di MTs N Sumberbaru, ada beberapa kasus akhlak peserta didik yang menyimpang, sehingga untuk mengatasi hal itu pihak lembaga memiliki kebijakan untuk memisahkan kelas antara peserta didik laki-laki dan perempuan, selain kelas-kelas tersebut diklasifikasikan menjadi kelas unggulan dan non-unggulan. Begitu pula dalam hal kurikulum, kelas VII menggunakan K-13 sedangkan kelas VIII dan IX menggunakan KTSP kecuali mata pelajaran agama kelas VIII menggunakan K-13.
Oleh karena itu dalam tulisan ini penulis akan menyampaikan laporan penyelenggaraan dan aplikasi teknologi pembelajaran di MTs N Sumberbaru yang terdiri dari lima kawasan, semua akan dibahas dalam bab selanjutnya.
B.       Rumusan Masalah
Dari pemaparan di atas dapat kita ambil rumusan masalah yaitu: Bagaimana penyelenggaraan dan aplikasi teknologi pembelajaran di MTsN Sumberbaru yang meliputi kawasan desain, pengembangan, pemanfaatan, evaluasi, dan kawasan pengelolaan?
C.      Tujuan
Adapun tujuan penulisan laporan ini adalah untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah teknologi pembelajaran. Diharapkan dengan adanya laporan ini kita dapat memperoleh wawasan tentang lima kawasan yang terdapat di dalam teknologi pembelajaran yang meliputi kawasan desain, pengembangan, pemanfaatan, evaluasi, dan kawasan pengelolaan sehingga dapat kita jadikan referensi ke depan sebagai tambahan pengetahuan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
D.      Langkah, Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Langkah pelaksanaan dalam peneltian ini adalah pengumpulan data primer, pengurusan izin observasi, melakukan observasi ke MTs N Sumberbaru. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, lalu menganalisis data dan kesimpulan. Waktu penelitian dilaksanakan selama dua hari yaitu pada hari Senin-Selasa, tanggal 11-12 Januari 2016 di MTs N Sumberbaru.


BAB II
LAPORAN PENYELENGGARAAN DAN APLIKASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
Dalam bab ini, penulis paparkan tentang laporan penyelenggaraan dan aplikasi teknologi pembelajaran di MTs N Sumberbaru. Adapun data yang diperoleh dari lembaga madrasah di atas adalah sebagai berikut:
A.      Kawasan Desain
Dari hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan di MTs N Sumberbaru berikut ini akan dipaparkan data tentang kawasan desain yaitu:
1.      Desain sistem pembelajaran
Terkait desain sistem pembelajaran, penulis mengadakan observasi di MTsN Sumberbaru dan wawancara dengan beberapa guru agama. Yang pertama yaitu bernama Ibu Mumfaridah selaku guru mata pelajaran akidah akhlak. Dalam desain sistem pembelajaran sebagaimana tercantum dalam RPP kelas VIII (lihat RPP pada bagian lampiran) beliau memaparkan kepada penulis bahwa terkait penganalisaan atau proses perumusan apa yang akan dipelajari, sebagaimana materi akidah akhlak semester genap kelas VIII yaitu “beriman kepada Rasul Allah Swt”. Di dalam RPP dijelaskan bahwa kelas VIII menggunakan kurikulum 2013, dan alokasi waktu pembelajaran selama 2x40 menit (2 jam pelajaran). Dalam proses pembelajarannya, beliau memanfaatkan strategi tanya jawab dan diskusi. Bahan-bahan yang digunakan adalah CD pembelajaran “iman kepada Rasul Allah”, dengan alat berupa LCD/proyektor. Pada tahap evaluasi, pertama teknik penilaian sikap spiritual dan sikap sosial dengan menggunakan penilaian diri,  dan teknik penilaian pengetahuan yaitu dengan tes tulis, sedangkan teknik penilaian keterampilan menggunakan unjuk kerja.[2] Selengkapnya bisa dilihat pada bagian RPP di lampiran.
Text Box: 3penerapan kurikulum pendidikan di MTsN Sumberbaru terdapat perbedaan. Kelas VII menggunakan kurikulum 2013 sedangkan kelas VIII dan IX menggunakan KTSP, kecuali kelas VIII mata pelajaran agama menggunakan kurikulum 2013”.[3]
2.      Desain Pesan
Kegiatan menyampaikan pesan kepada peserta didik oleh pihak lembaga MTsN Sumberbaru dilakukan dengan menggunakan bahan, alat, teknik dalam lingkungan madrasah itu sendiri. Secara umum, berdasarkan hasil observasi penulis, di sepanjang dinding madrasah baik dinding kelas, ruang guru terdapat kertas-kertas “tempelan” yang berisi kata-kata bijak, nasihat dan gambar-gambar yang menarik dan berisi pesan-pesan pembelajaran kepada peserta didik. Seperti misalnya di dinding belakang musholla (dinding yang menghadap parkiran sepeda motor siswa) terdapat “tempelan” atau poster kata bijak seperti berbunyi “Jika kita berusaha, berusaha dengan baik dan selalu berprasangka baik. Maka Allah pun akan memberikan semua yang terbaik”, selain itu di atas pintu kamar mandi siswa baik putra maupun putri terdapat “tempelan” doa sebelum masuk dan setelah keluar kamar mandi.[4]
Begitu pula di masing-masing kelas, banyak sekali desain pesan pembelajaran disampaikan melalui gambar-gambar secara visual. Ketika penulis mengadakan observasi di salah satu kelas VII, disana terdapat beberapa kata bijak, peta Indonesia, gambar-gambar/potret pahlawan.
Ibu Mumfaridah juga mengatakan bahwa ia kerap kali menayangkan sebuah video dalam pembelajarannya sebagai pengembangan sikap dan pembentukan konsep. Pada umumnya video tersebut sebagai motivasi dan suri tauladan (jika video itu berisi tentang biografi seseorang).[5]
3.      Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran adalah spesifikiasi untuk menyeleksi serta mengurutkan peristiwa belajar dalam suatu mata pelajaran. Berikut ini adalah data wawancara dengan beberapa guru di MTs N Sumberbaru terkait strategi yang dipakai ketika pembelajaran mereka. Pertama, Ibu Siti Asiyah mengatakan bahwa dalam pembelajarannya beliau menggunakan strategi ceramah, tanya jawab, terkadang pula menggunakan video, tergantung materi yang akan disampaikan.[6] Kedua, Ibu Maisaroh, selain menggunakan strategi ceramah, beliau juga menggunakan strategi demonstrasi, seperti misalnya materi tentang al-Quran, beliau terlebih dahulu membacakan kemudian diikuti oleh peserta didik.[7] Ketiga, dalam mata pelajaran Fiqih, Ibu Mar’atul Hasanah lebih banyak menggunakan strategi seperti diskusi, short card, ceramah, juga demonstrasi.[8] Kesemuanya itu tidak terlepas dari materi yang akan disampaikan, maka akan disesuaikan dengan strategi pembelajarannya.
4.      Karakteristik Peserta Didik
Adapun mengenai karakteristik peserta didik di MTsN Sumberbaru, berikut ini data wawancara dengan beberapa pihak sekolah. Yang pertama oleh Waka Kurikulum, Bapak Zoedianto mengatakan:
Madrasah memiliki 15 ruang belajar. kelas VII-IX masing-masing terdiri lima kelas. Kami mulai memisah antara murid laki-laki dan perempuan sudah kurang lebih selama tiga tahun. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Akan tetapi khusus kelas unggulan yaitu kelas A baik kelas VII, VIII maupun IX tidak ada pemisahan antara murid laki-laki dan perempuan. Karena asumsi kita mereka tidak akan berpikiran untuk berbuat hal-hal yang tidak diinginkan.”[9]
Pada waktu yang sama Bapak Roni selaku Waka Kesiswaan mengatakan bahwa prosentase siswa di madrasah ini antara jenis kelamin laki-laki dan perempuan lebih banyak siswa berjenis kelamin perempuan.[10] Juga berdasarkan hasil observasi penulis di kelas VIIC, kelas putri, bahwa terbanyak adalah siswi berusia 12 tahun, meskipun ada beberapa yang berumur 11, 13 bahkan 14 tahun. Dan juga di kelas ini cenderung lebih banyak peserta didik yang tingkat pendidikannya berasal dari sekolah dasar (SD) daripada Madrasah Ibtidaiyah (MI).[11]
Ibu Siti Asiyah mengatakan bahwa: “Murid-murid disini berbeda sekali kemampuannya. Antara yang unggulan dan non-unggulan. Jika yang unggulan mudah sekali mengatasinya. Jika yang non-unggulan, saya harus lebih ekstra lagi dalam menjelaskan materi”.[12]Ibu Mumfaridah selaku guru mata pelajaran Akidah Akhlak juga mengatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara murid yang unggulan dan non-unggulan. Juga antara kelas yang hanya terdiri dari laki-laki saja ataupun perempuan saja.[13] Hal senada juga diungkapkan oleh Ibu Maisaroh selaku guru mata pelajaran al-Quran Hadis yang mengatakan bahwa karakteristik siswa yang berada di kelas unggulan dan tidak sangat berbeda. Bisa dikatakan “susah” ketika harus mengajar di kelas yang berada di kelas C, D maupun E. Begitu juga kelas yang laki-laki sangat berbeda karakternya dengan perempuan. Siswa laki-laki cenderung lebih banyak mengobrol.[14] Hal ini diperkuat oleh Ibu Mar’atul Hasanah selaku guru mata pelajaran Fiqih yang mengatakan bahwa ada perbedaan tingkat kognitif yang signifikan antara murid di kelas unggulan dengan yang non-unggulan.[15]
B.       Kawasan Pengembangan
Dari hasil wawancara yang telah dilakukan di MTs N Sumberbaru dapat diperoleh data tentang kawasan pengembangan sebagai berikut:
1.      Teknologi Cetak
Ibu Siti Asiyah selaku guru mata pelajaran PKN mengatakan bahwa dalam pembelajaran di kelas beliau menggunakann buku teks dan buku lembar kerja siswa (LKS). Beliau mengajar di 12 kelas, dan semuanya menggunakan buku.[16] Hal senada juga diungkapkan oleh ibu Mumfaridah selaku guru mata pelajaran akidah akhlak. Beliau mengajar di seluruh kelas yang berjumlah 15 kelas dan dalam proses pembelajarannya, semuanya menggunakan buku. Baik buku siswa, maupun buku guru yang diterbitkan oleh Kementrian Agama bagi yang mengikuti kurikulum 2013 (untuk kelas VII dan VIII) serta menggunakan buku pendukung yaitu LKS serta buku teks yang berkaitan dengan akidah akhlak yaitu misalnya dari penerbit PT.Grafindo. Begitu pula dengan Ibu Maisaroh selaku guru mata pelajaran al-Quran hadis yang menggunakan buku teks, seperti halnya ibu Mumfaridah dan guru-guru agama lain (juga Ibu Mar’atul Hasanah) disana. Serta sebagai buku pokok dalam pembelajarannya al-Quran Hadis, beliau juga menggunakan kitab suci al-Quran.[17]
2.      Teknologi Audiovisual
Penggunaan teknologi audiovisual di MTsN Sumberbaru, sebagaimana hasil wawancara dengan dua orang guru agama yaitu pertama, Ibu Mumfaridah mengatakan bahwa penggunaan teknologi audiovisual disesuaikan dengan materi pelajaran. Dan penggunaannya pun terbatas pada kelas unggulan saja. Karena memang LCD/proyektor hanya ada di kelas-kelas unggulan (kelas A). Begitu juga dengan ibu Mar’atul Hasanah juga melakukan hal yang sama. Ada satu hal yang penting diketahui, menurut beliau berdua bisa saja menggunakan LCD/proyektor untuk alat bantu pembelajaran di kelas non-unggulan dengan cara bertukar tempat dengan kelas yang unggulan juga guru yang sedang mengajar di kelas unggulan bersedia bertukar tempat.[18]
3.      Teknologi Berbasis Komputer
Dalam pembelajaran agama, berdasarkan hasil observasi dan wawancara penulis di MTsN Sumberbaru dengan tiga orang guru mata pelajaran agama dan satu orang guru mata pelajaran umum, semuanya tidak ada yang menggunakan teknologi berbasis komputer dalam proses pembelajarannya.[19]
4.      Teknologi Terintegrasi (Multimedia)
Sama halnya dengan teknologi berbasis komputer, teknologi terintegrasi atau terpadu sebagai media pembelajaran di MTsN sumberbaru masih belum teraplikasi secara maksimal. Karena fasilitas berupa proyektor/LCD hanya ada di kelas-kelas yang bersifat unggulan saja.[20]
C.      Kawasan Pemanfaatan
Pemanfaatan adalah aktivitas menggunakan proses dan sumber untuk belajar. Kawasan pemanfaatan ini terdiri dari pemanfaatan media, difusi inovasi, implementasi dan institusionalisasi serta kebijakan dan regulasi.
1.      Pemanfaatan Media
Adapun pemanfaatan media di MTs N Sumberbaru terkait dengan pemanfaatan media video dalam kegiatan pembelajaran dalam situasi kelas, Seperti Ibu Mumfaridah kerap kali menggunakannya sebagai alat bantu pembelajaran. Dengan memanfaatkan video ini, pesan-pesan pembelajaran dapat tersampaikan kepada peserta didik. Selain itu, pemanfaatan media proyektor atau LCD di kelas unggulan dalam proses pembelajaran. Dimana ketika pembelajaran di kelas non-unggulan ingin memanfaatkan LCD itu maka harus bertukar tempat dengan kelas unggulan. Karena terbatasnya ketersediaan sarana dan prasarana yang ada.[21] Sedangkan pemanfaatan komputer dan jaringan internet dalam kegiatan pembelajaran masih kurang. Karena berdasarkan hasil observasi penulis di MTs N Sumberbaru, dari keempat guru mata pelajaran yang diwawancarai, tak satupun yang memanfaatkan laboratorium komputer beserta jaringan internetnya dalam proses pembelajaran.[22]
2.      Difusi dan Inovasi
Kaitannya dengan difusi inovasi, MTsN Sumberbaru melakukan suatu inovasi yang jarang sekali dilakukan oleh lembaga pendidikan negeri. terkait pemisahan kelas antara peserta didik berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan sejak kurang lebih tiga tahun terakhir. Hal ini diungkapkan oleh waka kurikulum Bapak Zoedianto sebagaimana penulis cantumkan hasil wawancara dengan beliau pada halaman 5 sebelumnya. Selain itu inovasi yang dilakukan adalah dengan membangun musholla sebagai sarana pembelajaran ibadah peserta didik. Juga terkait dengan kegiatan ekstrakurikuler seperti drumband, Karya Ilmiah Remaja (KIR), Atomika (Pembinaan olimpiade bidang studi), pembinaan seni dan beberapa kegiatan ekstrakurikuler lain yang diperbarui sejak lima tahun terakhir.[23]
3.      Implementasi dan Institusionalisasi
Setelah adanya difusi dan inovasi, barulah implementasi dan institusionalisasi. Mengenai hal ini, penulis mengadakan wawancara dengan pegawai perpustakaan yaitu Ibu Risa, beliau mengatakan bahwa “Perpustakaan sebagai salah satu sumber belajar di MTs N Sumberbaru sengaja dirancang untuk membantu guru dan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dengan adanya perpustakaan, peserta didik dengan mudah memanfaatkan buku-buku yang ada sebagai sarana penunjang pembelajaran.”[24] Ibu Lilik menambahkan, “laboratorium komputer sebagai sumber belajar yang lain juga memberikan sarana bagi peserta didik khususnya tentang mata pelajaran yang berhubungan dengan komputer.”[25] Tahap implementasi pusat sumber belajar ini adalah tahap aplikasi atau pendayagunaan pusat sumber belajar itu sendiri. Bapak Zoedianto menambahkan bahwa “musholla dijadikan sumber belajar khususnya pembelajaran agama, seperti shalat Dhuha berjamaah, disini pembelajarannya gantian. Jika hari ini peserta didik laki-laki yang shalat dhuha, maka besok hari adalah peserta didik perempuan. Akan tetapi shalat Dhuhur berjamaah wajib untuk semua”.[26]
4.      Kebijakan dan Regulasi
Terkait dengan kebijakan dan regulasi di MTs N Sumberbaru, berdasarkan observasi penulis bahwa salah satu kebijakan lembaga adalah memisahkan kelas antara peserta didik laki-laki dan perempuan.[27] Jika dikaitkan dengan kebijakan dan regulasi berkenaan dengan teknologi pembelajaran, selama melakukan observasi di lembaga yang bersangkutan penulis tidak mendapatkan data terkait dengan kebijakan dan regulasi.
D.      Kawasan Evaluasi
1.      Analisis Masalah
Sebagaimana dipaparkan hasil wawancara dengan Bapak Zoedianto sebelumnya bahwa pemisahan kelas antara peserta didik berjenis kelamin laki-laki dan perempuan adalah solusi terhadap masalah terkait adanya kasus perilaku peserta didik yang kurang baik sehingga diambillah kebijakan pemisahan kelas antara peserta didik laki-laki dan perempuan.[28]
2.      Evaluasi Formatif dan Sumatif
Sedangkan evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan di MTs N Sumberbaru adalah tergantung dari tingkatan kelas dan kurikulum yang dipakai (tentang kurikulum telah dibahas sebelumnya). Adapun evaluasi yang dilakukan adalah ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). Dalam pembelajaran evaluasi dilakukan setelah tuntas per BAB. Hal ini sebagaimana dipaparkan Ibu Siti Asiyah bahwa: “Dalam pembelajaran PKN, evaluasi saya laksanakan setelah per BAB dan remidi dilaksanakan satu kali”.[29]Begitu juga Ibu Mumfaridah mengadakan evaluasi dengan berbagai cara seperti unjuk kerja, tes tulis (baca: ulangan).[30] Ibu Mar’atul Hasanah selaku guru mata pelajaran fiqih mengatakan bahwa evaluasi dalam pembelajaran beliau menggunakan evaluasi secara tertulis seperti ulangan harian, tugas individu, selain tertulis juga terdapat evaluasi berupa ujian praktek. Karena menurut beliau inti dari mata pelajaran fiqih adalah praktek.[31]
E.       Kawasan Pengelolaan
Kawasan pengelolaan adalah pengendalian teknologi pembelajaran melalui perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian dan supervisi. Adapun kawasan pengelolaan meliputi pengelolaan sumber daya informasi. Terkait kawasan pengelolaan di MTsN Sumberbaru, Penulis tidak bertemu langsung dengan Bapak Kepala madrasah, Bapak Saiful Anwar (mengenai Bapak Saiful Anwar, beliau merupakan PLT dari Bapak Kepala sekolah sebelumnya yaitu Bapak Ali Hasan yang telah pensiun kurang lebih selama dua bulan yang lalu. Beliau sendiri merupakan salah satu kepala madrasah tsanawiyah di Umbulsari). Pada saat penulis mengadakan penelitian di lokasi penelitian beliau berhalangan hadir. Sebagai wakilnya penulis mengadakan wawancara secara singkat mengenai kawasan pengelolaan dalam teknologi pembelajaran ini dengan kepala bagian tata usaha Ibu Lilik Habibah.[32]
1.      Pengelolaan Sumber Daya Manusia (Manajemen SDM)
Berkenaan dengan sumber daya manusia yang ada di MTsN Sumberbaru, Ibu Lilik menyatakan kepada penulis sambil menunjuk papan informasi bahwa “jumlah pegawai disini 36 orang. 23 diantaranya sudah PNS. 4 orang lainnya pegawai, 4 orang lain adalah GTT serta 4 orang lain adalah PTT”.[33]
2.      Pengelolaan Informasi (Manajemen Informasi)
Sedangkan mengenai sumber belajar yang ada di madrasah, Ibu Lilik menyatakan bahwa setidaknya terdapat empat tempat yang dijadikan sebagai sumber belajar selain kelas itu sendiri diantaranya ada laboratorium IPA, laboratorium komputer (dengan fasilitas Wi-Fi) serta perpustakaan sebagai sarana sumber belajar.[34] Ibu Risa selaku pegawai perpustakaan juga mengatakan bahwa perpustakaan kerap sekali dijadikan tempat penggalian informasi peserta didik. Beberapa guru menugaskan peserta didiknya untuk pergi ke perpustakaan dan mencari materi yang berkaitan dengan mata pelajaran yang sedang dipelajari saat itu.[35]
3.      Peluang dan Tantangan
Sebagaimana hasil wawancara penulis dengan Ibu Lilik tentang peluang peserta didik masuk cukup besar. Seperti sekolah atau madrasah pada umumnya, disini juga menyebarkan brosur penerimaan peserta didik baru, dan mereka lebih banyak berasal dari Sekolah Dasar (SD), sedikit sekali yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyah (MI).[36] Selain itu tantangan yang dihadapi sekolah ini sebagaimana diungkapkan Ibu Mar’atul Hasanah kepada penulis bahwa “karena madrasah kita terletak di desa, dan juga faktor kesadaran orang tua dari peserta didik akan pendidikan yang masih rendah menjadi tantangan sendiri bagi kami, pihak madrasah. Banyak dari mereka berkata “anak saya apa katanya bapak/ibu guru di sekolah”. Padahal pendidikan anak tak melulu tugas sekolah, yang paling penting adalah bagaimana mereka aplikasikan di lingkungan rumah. Seperti misalnya, solat berjamaah, kami disini mengajarkan setiap hari solat jamaah, akan tetapi ketika kami tanya kepada anak-anak apakah mereka solat jamaah di rumah, kebanyakan dari mereka menjawab tidak pernah jamaah bahkan ada juga yang tidak solat.”[37]Ibu Mumfaridah mengatakan “Peluang pembelajaran akidah akhlak adalah untuk meperbaiki akhlak siswa agar lebih baik. Pertanyaan “siapa guru akidah akhlaknya” akan terdengar ketika ada beberapa anak yang melakukan akhlak tercela. Itulah tantangan saya sebagai guru akidah akhlak”[38]
BAB III
PEMBAHASAN
            Pada bab ini akan dipaparkan tentang pembahasan yaitu analisis penulis terhadap situasi nyata di MTs N Sumberbaru dengan dikaitkan oleh teori dasar kelima kawasan teknologi pembelajaran.
A.      Kawasan Desain
Kawasan pertama yang terdapat di dalam teknologi pembelajaran adalah kawasan desain atau perancangan yang mencakup penerapan berbagai teori, prinsip dan prosedur dalam melakukan perencanaan atau mendesain suatu program atau kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara sistemis dan sistematis. Kawasan desain ini meliputi empat cakupan utama dari teori dan praktik, yaitu:
1.      desain sistem pembelajaran
Desain sitem pembelajaran yaitu prosedur yang terorganisasi dan sistematis untuk: (a) penganalisaan (proses perumusan apa yang akan dipelajari), (b) perancangan (proses penjabaran bagaimana cara mempelajarinya), (c) pengembangan (proses penulisan dan pembuatan atau produksi bahan-bahan belajar), (d) pelaksanaan atau aplikasi (pemanfaatan bahan dan strategi), (e) penilaian (proses penentuan ketepatan pembelajaran).[39]

13
 
Terkait dengan hal ini, berdasarkan hasil temuan di lokasi penelitian, penulis mengambil salah satu contoh mata pelajaran akidah akhlak yang diampu oleh Ibu Mumfaridah. Beliau menganalisa, merancang, mengembangkan mengaplikasikan serta melakukan penilaian di kelas VIIIA sebagaimana tercantum dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang terlampir. Oleh karena itu, tindakan Ibu Mumfaridah kaitannya dengan desain sistem pembelajaran sudah sesuai dengan teori teknologi pembelajaran yang tercantum dalam buku Bambang Warsita yang menyatakan bahwa dalam desain sistem pembelajaran harus terdiri dari prosedur yang sistematis yang meliputi analisa atau merumuskan materi apa yang akan dipelajari, kemudian merancang dengan membuat RPP, setelah itu mengembangkan dengan membuat bahan-bahan belajar, dan mengaplikasikan di dalam kelas, dalam hal ini adalah kelas VIIIA yang kemudian mengadakan penilaian dalam pembelajarannya. Sedangkan mengenai kurikulum, sebagaimana dipaparkan di bab sebelumnya bahwa di lembaga MTs N Sumberbaru untuk kelas VII menggunakan kurikulum 2013, sedangkan untuk kelas VIII dan IX menggunakan KTSP.
2.      desain pesan
Berdasarkan hasil temuan di lokasi penelitian kegiatan menyampaikan pesan kepada peserta didik oleh pihak lembaga madrasah dilakukan dengan menggunakan bahan, alat, teknik dalam lingkungan madrasah itu sendiri seperti tidak hanya di penjuru dinding ruangan di sekolah, juga di dalam kelas terdapat sesuatu yang bersifat visual yang bertujuan menyampaikan pesan pembelajaran kepada peserta didik. Tidak hanya itu, dalam proses kegiatan belajar mengajar juga ada guru yang menggunakan video dalam pembelajarannya sebagai pengembangan sikap dan pembentukan konsep. Tentu hal ini telah sesuai dengan konsep tentang desain pesan yaitu perencanaan untuk merekayasa bentuk fisik dari pesan agar terjadi komunikasi antara pengirim dan penerima, dengan memperhatikan prinsip-prinsip perhatian, persepsi, dan daya tangkap. Desain pesan berkaitan dengan hal-hal mikro, seperti: bahan visual, urutan, halaman, dan layar secara terpisah.[40] Dalam hal ini pengirimnya adalah pihak madrasah dan penerimanya adalah peserta didik, desain pesan di lembaga ini adalah berupa bahan visual dan layar secara terpisah. Desain pesan di MTs N Sumberbaru ini juga sesuai dengan teori Dewi Salma yang mengatakan bahwa desain pesan harus berorientasi pada peserta didik.[41]

3.      strategi pembelajaran
Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia, strategi diartikan sebagai rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus.[42] Dalam buku Warsita disebutkan bahwa strategi pembelajaran merupakan proses memilih dan menyusun kegiatan pembelajaran dalam suatu unit pembelajaran seperti urutan, sifat materi, ruang lingkup materi, metode, dan media yang paling sesuai untuk mencapai kompetensi pembelajaran.[43]
Berdasarkan hasil temuan di lokasi penelitian penulis dapat menyimpulkan bahwa terdapat dua strategi pembelajaran yang diterapkan, pertama strategi primer yaitu strategi ceramah. Kedua, strategi sekunder seperti tanya jawab, pemanfaatan video, demonstrasi, diskusi, short card, yang mana semua itu tidak terlepas dari materi yang akan disampaikan. Hal ini sesuai sebagaimana teori tentang strategi pembelajaran yang mana diaplikasikan tergantung pada situasi belajar, sifat materi dan jenis belajar yang dikehendaki.
4.      karakteristik peserta didik
Karakteristik peserta didik yaitu aspek latar belakang pengalaman peserta didik yang mempengaruhi terhadap efektivitas proses belajarnya. Karakteristik peserta didik mencakup keadaan sosio-psikio-fisik peserta didik. Secara psikologis yang perlu mendapat perhatian dari karakteristik peserta didik yaitu berkaitan dengan kemampuannya, baik yang bersifat potensial maupun kecakapan nyata dan kepribadiannya seperti sikap, emosi, motivasi serta aspek-aspek kepribadian lainnya.[44]
Berdasarkan hasil temuan di lokasi penelitian bahwa karakteristik peserta didik disana berdasarkan jenis kelamin secara keseluruhan lebih banyak peserta didik berjenis kelamin perempuan. Sedangkan karakter berupa usia penulis mengambil sampel kelas VIIC yang mayoritas peserta didik berusia 12 tahun dan tingkat pendidikan sebelumnya mayoritas berasal dari SD daripada MI. Hal ini sesuai dengan teori yang menyatakan bahwa analisis karakteristik peserta didik merupakan suatu pendekatan psikologis dalam rangka menggambarkan keadaan peserta didik. Karakter yang dimiliki dapat berupa usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, tingkat pengalaman, pengalaman yang relevan, persepsi, kebutuhan yang dirasakan dan berbagai kemungkinan yang lain terkait dengan peserta didik.
B.       Kawasan Pengembangan
Kawasan teknologi pembelajaran berikutnya adalah pengembangan yang berarti proses penerjemahan spesifikasi desain ke dalam bentuk fisik. Kawasan pengembangan berakar pada produksi media. Melalui proses yang bertahun-tahun perubahan dalam kemampuan media ini berakibat pada perubahan kawasan. Walaupun perkembangan buku teks dan alat bantu pembelajaran yang lain (teknologi cetak) mendahului film, namun pemunculan film merupakan tonggak sejarah dari gerakan audiovisual ke era teknologi pembelajaran sekarang ini.[45]
Di dalam kawasan pengembangan terdapat keterkaitan antara teknologi dan teori yang mendorong terhadap desain pesan maupun strategi pembelajarannya. Pada dasarnya kawasan ini terjadi karena: (1) pesan yang didorong oleh isi, (2) strategi pembelajaran yang didorong oleh teori, (3) manifestasi fisik dari teknologi perangkat keras, lunak dan bahan pembelajaran.[46]Kawasan ini meliputi pengembangan teknologi cetak, teknologi audiovisual, teknologi berbasis komputer dan teknologi terpadu. Dari hasil wawancara yang telah dilakukan di MTs N Sumberbaru dapat diperoleh data tentang kawasan pengembangan sebagai berikut:
Tabel 3.1
Data Kawasan Pengembangan di MTs N Sumberbaru
No
Teknologi
Penggunaan
1
Teknologi cetak
Maksimal
2
Teknologi audio visual
Cukup maksimal
3
Teknologi berbasis komputer
Kurang maksimal
4
Teknologi terintegrasi/terpadu
Kurang maksimal

Dari data yang diperoleh dapat peneliti ketahui bahwa perbedaan penggunaan teknologi terlihat sangat jelas bahwa pada penggunaan teknologi cetak penggunaannya sangat maksimal, penggunaan teknologi audio visual  cukup maksimal karena pada umumnya untuk materi pelajaran pendidikan Agama Islam penggunaan teknologi ini diperlukan ketika materi berhubungan dengan akidah akhlak ataupun Fiqih, sedangkan penggunaan teknologi berbasis komputer dan teknologi terintegrasi atau terpadu masih kurang maksimal, karena fasilitas berupa proyektor/LCD hanya ada di kelas-kelas yang bersifat unggulan (baca: kelas VIIA, VIIIA, IXA).
1.      Teknologi Cetak
Adalah cara untuk memproduksi atau menyampaikan bahan, seperti buku-buku, bahan-bahan visual yang statis, terutama melalui pencetakan mekanis atau fotografis.[47] Selain itu, bahan lain yang digolongkan ke dalam istilah “cetak”, misalnya fotocopy atau hasil produksi sendiri. Meskipun akhir-akhir ini masyarakat khususnya lembaga pendidikan banyak tertarik oleh dunia elektronik modern, akan tetapi teknologi cetak tidak akan ditinggalkan sebagai sarana pembelajaran, karena tidak dapat dipungkiri lagi bahwa peranannya yang sangat penting.
Adapun pengembangan teknologi cetak di MTs N Sumberbaru berdasarkan hasil observasi dan wawancara penulis adalah sangat maksimal. Secara umum semua mata pelajaran baik ilmu agama maupun ilmu umum menggunakan teknologi cetak dalam proses pembelajarannya. Seperti penggunaan buku-buku teks yang diterbitkan oleh Kementrian Agama (baik buku guru dan buku siswa), Lembar Kerja Siswa (baca: LKS) maupun buku-buku teks penunjang lain yang berkaitan dengan isi mata pelajaran. Selain itu, di sekolah ini di setiap dinding di segala penjuru terdapat “tempelan-tempelan” semacam poster yang berisi doa-doa, kata-kata bijak/nasihat-nasihat baik. Semua ini merupakan salah satu pengembangan teknologi cetak.
2.      Teknologi  Audiovisual
Teknologi ini merupakan cara memproduksi dan menyampaikan bahan dengan menggunakan peralatan dan elektronik untuk menyajikan pesan-pesan audio maupun visual. Teknologi ini disebut juga video karena dalam proses pembelajarannya menggunakan perangkat keras yang melibatkan audio maupun visual.[48]
Adapun pengembangan teknologi audiovisual berdasarkan observasi dan wawancara penulis dengan sejumlah guru mata pelajaran adalah cukup maksimal. Dari empat guru mata pelajaran yang diobservasi, tiga diantaranya menggunakan teknologi audiovisual dalam pembelajarannya. Akan tetapi, penggunaan teknologi ini hanya sebatas pada kelas unggulan saja. Karena pada kenyataannya memang sarana berupa proyektor hanya terdapat di kelas unggulan saja (kelas VIIA, VIIIA, IXA). Adapun kelas non-unggulan jika akan menggunakannya maka harus bertukar tempat dengan kelas yang ada sarana tersebut, harus ada konfirmasi terlebih dahulu dengan guru kelas yang sedang mengadakan pembelajaran di kelas unggulan, jika berkenan bertukar tempat maka penggunaan teknologi audiovisual dapat dilaksanakan.
3.      Teknologi Berbasis Komputer
Merupakan cara-cara memproduksi dan menyampaikan bahan belajar dengan menggunakan perangkat yang bersumber pada mikroprosesor dan menampilkannya pada peserta didik dengan layar monitor. Di Indonesia pembelajaran berbasis komputer ini memiliki ragam aplikasi seperti Computer Based Instruction (CBI), Computer Assisted Instruction (CAI), atau Computer Managed Instruction (CMI), Instructional Application of Computers (IAC), Instruction Assisted Learning (IAL).[49]
Adapun teknologi berbasis komputer dalam penggunaannya dan pengembangannya di MTsN Sumberbaru dapat dikatakan kurang maksimal. Karena penggunaan media selain guru juga harus paham dalam penggunaannya juga keterkaitan isi pembelajaran dengan media yang digunakan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara penulis dengan keempat guru disana, semuanya tidak ada yang menggunakan atau memanfaatkan teknologi berbasis komputer dalam pembelajarannya, meskipun di lembaga tersebut telah tersedia sumber belajar berupa laboratorium komputer. Hal ini amat disayangkan karena pengembangan teknologi disana hanya berkutat pada teknologi cetak saja, hal ini berlaku baik guru mata pelajaran agama maupun guru mata pelajaran umum terkecuali pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang memang pada dasarnya dalam pembelajarannya menggunakan komputer.
4.      Teknologi Terpadu
Multimedia atau teknologi terpadu merupakan cara untuk memproduksi dan menyampaikan bahan belajar dengan memadukan beberapa jenis media yang dikendalikan komputer. Keunggulan dari teknologi ini adalah adanya interaktivitas peserta didik yang tinggi dengan berbagai sumber belajar. Teknologi ini menggabungkan dan mensinergikan media yang terdiri dari teks, grafis, foto, video, animasi, musik, narasi dan interaktivitas peserta didik yang diprogram berdasarkan teori dan prinsip pembelajaran.[50]
Sama halnya dengan pengembangan teknologi berbasis komputer sebelumnya bahwa pengembangan teknologi multimedia atau terpadu di MTs N Sumberbaru dapat dikatakan sangat kurang atau kurang maksimal.
C.      Kawasan Pemanfaatan
Domain ketiga dalam teknologi pembelajaran adalah kawasan pemanfaatan. Pemanfaatan adalah tindakan menggunakan metode dan model instruksional, bahan dan peralatan media untuk meningkatkan suasana pembelajaran.
1.      Pemanfaatan Media
Adapun pemanfaatan media di MTs N Sumberbaru dapat dikatakan cukup maksimal karena beberapa guru sudah menggunakan media video dalam pembelajarannya di dalam kelas. Perlu diketahui bahwa, dalam merencanakan pemanfaatannya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu tujuan yang ingin dicapai, materi pembelajaran yang mendukung tercapainya tujuan, serta strategi pembelajaran yang sesuai untuk mencapai tujuan.
Pemanfaatan komputer dan jaringan internet dalam kegiatan pembelajaran masih dirasa kurang, hal ini berdasarkan wawancara dengan empat guru mata pelajaran berbeda. Dari mereka tak satupun yang memanfaatkan laboratorium komputer beserta jaringan internetnya dalam proses pembelajaran. Hal ini tentu bisa saja terjadi mengingat Erickson dan Curl dalam Warsita mengatakan bahwa untuk memanfaatkan media pembelajaran, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti apakah materinya penting dan berguna bagi peserta didik?, apakah dapat menarik minat peserta didik untuk belajar?, apakah ada kaitannya dengan tujuan yang hendak dicapai?, dan seterusnya.[51]
Jadi, setiap sekolah atau madrasah harus mampu memanfaatkan alternatif teknologi yang tersedia tanpa meninggalkan perhatian atas empat aspek penting dari teknologi tersebut yaitu: a)aksebilitas, b) biaya, c) efektivitas dalam fungsi pembelajaran, d) kemampuan teknnologi untuk mendukung interaktivitas antara peserta didik dan tenaga pendidik.
2.      Difusi Inovasi
Dalam konteks teknologi pembelajaran, inovasi mengacu pada pemanfaatan teknologi canggih, baik perangkat lunak maupun perangkat keras dalam proses pembelajaran.[52] Tujuan utama aplikasi teknologi baru ini adalah untuk meningkatkan mutu pembelajaran, efektivitas dan efisiensi. Metode dan strategi pembelajaran juga merupakan sebuah inovasi dalam pembelajaran.
Terkait dengan hal tersebut, berbicara inovasi di MTsN Sumberbaru, berdasarkan analisis penulis inovasi pemanfaatan teknologi canggih hanya meliputi jaringan WiFi sebagai sarana pembelajaran. Sedangkan metode dan strategi pembelajarannya belum ada pembaharuan. Akan tetapi jika dikaitkan dengan inovasi secara umum, lembaga ini sudah mengadakan inovasi seperti pemisahan kelas antara peserta didik yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, yang mana hal ini sangat jarang kita temui di lembaga pendidikan negeri khususnya di Jember. Hal ini dilakukan untuk mencegah perbuatan yang kurang baik antara peserta didik laki-laki dan perempuan mengingat pernah ada kasus terkait yang pernah terjadi di lembaga tersebut. Menurut penulis hal ini merupakan inovasi paling baik, mengingat Islam sangat menjunjung tinggi perbuatan atau akhlak mahmudah dari setiap manusia khususnya peserta didik kita.
3.      Implementasi dan Institusionalisai
Setelah adanya difusi dan inovasi, barulah implementasi dan institusionalisasi. Yaitu penggunaan bahan dan strategi pembelajaran dalam keadaan yang sesungguhnya (bukan tersimulasikan).[53] Terkait dengan hal ini, perpustakaan, musholla serta laboratorium baik komputer maupun IPA sebagai sumber belajar di MTs N Sumberbaru sengaja dirancang untuk membantu guru dan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tahap implementasi pusat sumber belajar ini adalah tahap aplikasi atau pendayagunaan pusat sumber belajar itu sendiri. Dengan adanya perpustakaan, musholla serta laboratorium, peserta didik dengan mudah memanfaatkan buku-buku, fasilitas-fasilitas yang ada disana ya sebagai sarana penunjang pembelajaran.


4.      Kebijakan dan Regulasi
Kebijakan dan regulasi adalah aturan dan tindakan dari masyarakat yang mempengaruhi penyebaran (difusi) dan pemanfaatan teknologi pembelajaran. Kebijakan dan peraturan pemerintah mempengaruhi pemanfaatan teknologi. Kebijakan dan regulasi biasanya dihambat oleh permasalahan etika dan ekonomi. Seperti hukum hak cipta yang dikenakan pada pengguna teknologi, baik untuk teknologi cetak, teknologi audiovisual, teknologi berbasis komputer, maupun teknologi terpadu atau multimedia. Terkait dengan kebijakan dan regulasi di MTs N Sumberbaru, berdasarkan observasi penulis bahwa salah satu kebijakan lembaga adalah memisahkan kelas antara peserta didik laki-laki dan perempuan.[54] Jika dikaitkan dengan kebijakan dan regulasi berkenaan dengan teknologi pembelajaran, selama melakukan observasi di lembaga yang bersangkutan penulis tidak mendapatkan data terkait dengan kebijakan dan regulasi.
D.      Kawasan Evaluasi
Evaluasi atau penilaian merupakan proses penentuan memadai tidaknya pembelajaran dan belajar yang mencakup analisis masalah, evaluasi formatif dan sumatif.[55] Berdasarkan teori ini berikut hasil temuan di lokasi penelitian:
1.      Analisis masalah mencakup cara penentuan sifat dan parameter masalah dengan menggunakan strategi pengumpulan informasi dan pengambilan keputusan. Berdasarkan analisis penulis terhadap “analisis masalah” yang terdapat di MTsN sumberbaru salah satunya adalah pemisahan kelas antara peserta didik berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Hal ini merupakan penyelesaian dari analisis masalah dimana terdapat kasus-kasus yang terjadi sebelum pemisahan ini dilakukan. Hal ini tentu berdampak pada pembelajaran yang dilaksanakan di lembaga tersebut juga tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.
2.      Penilaian formatif dan sumatif. Penilaian formatif adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir program belajar mengajar untuk melihat tingkat keberhasilan proses belajar mengajar itu sendiri.[56] Sedangkan penilaian sumatif adalah penilaian yang dilakukan jika satuan pengalaman belajar atau seluruh mata pelajaran dianggap telah selesai. Berdasarkan temuan data di lokasi penelitian dengan disesuaikan dengan teori tentang evaluasi sumatif dan formatif ini bahwa evaluasi formatif di MTsN Sumberbaru berupa ulangan harian, mingguan yang dilakukan oleh masing-masing guru mata pelajaran, bahkan UTS juga. Evaluasi sumatif di lembaga ini juga seperti lembaga pendidikan lainnya, yaitu berupa Ujian Nasional (UN) bagi peserta didik yang berada di jenjang akhir atau kelas IX, tidak hanya itu, juga Ujian Akhir Madrasah (UAM) dan ujian praktek. Sedangkan bagi jenjang kelas VII dan VIII berupa ujian akhir semester (UAS).
E.       Kawasan Pengelolaan
Pengelolaan meliputi pengendalian teknologi pembelajaran melalui perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian dan supervisi. Kawasan pengelolaan bermula dari administrasi pusat media, program media dan pelayanan pemanfaatan media. Pembauran perpustakaan dengan program media membuahkan pusat dan ahli media sekolah.[57]
1.      Pengelolaan Sumber Daya Manusia (Manajemen SDM)
Berdasarkan hasil temuan di lokasi penelitian bahwa sumber daya manusia yang ada di MTsN Sumberbaru berjumlah 36 orang. Sebagaimana dalam buku Handoko yang mengatakan bahwa manajemen sumber daya manusia adalah penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan, dan penggunaan sumber daya manusia untuk mencapai baik tujuan-tujuan individu maupun organisasi.[58]


2.      Pengelolaan Informasi (Manajemen Informasi)
Pengelolaan informasi meliputi perencanaan, pemantauan, dan pengendalian cara penyimpanan, pengiriman/pemindahan atau pemrosesan informasi dalam rangka tersedianya sumber untuk kegiatan belajar.[59] Dalam hal ini berdasarkan temuan data di lokasi penelitian bahwa terdapat empat sumber belajar di lembaga ini yaitu perpustakaan, musholla, laboratorium komputer dan IPA, dimana di masing-masing sumber belajar ini sudah mencakup perencanaan, pemantauan, dan pengendalian cara penyimpanan, pengiriman/pemindahan atau pemrosesan informasi sebagaimana teori yang dikemukakan dalam buku Warsita di atas.
3.      Peluang dan Tantangan
Peluang pembelajaran PAI adalah untuk mengembangkan akhlak dari peserta didik. Karena kita tahu di zaman sekarang peluang materi PAI sangat berguna untuk membangun akhlak peserta didik. Begitu pula dengan MTsN Sumberbaru memiliki peluang yang sangat besar untuk menarik masyarakat. Dengan ciri khasnya memisahkan kelas antara peserta didik laki-laki dengan perempuan, membuat asumsi masyarakat atau rasa percaya mereka kepada lembaga untuk menyekolahkan putra-putrinya di lembaga tersebut, karena menurut mereka akhlak yang patut diutamakan. Begitu pula tantangan yang dihadapi dalam PAI, bukan hanya mengajarkan pengetahuan akan tetapi juga mengarahkan peserta didik agar memiliki akhlak mulia. Hal ini sama dengan tantangan yang dihadapi oleh MTsN Sumberbaru.


BAB IV
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Setelah melalui proses penelitian serta berdasarkan pemaparan data, analisis dan pembahasan, sebagai akhir dari laporan ini penulis dapat mengambil beberapa kesimpulan sebagai berikut:
   1.      Kawasan Desain di MTs N Sumbernbaru dilihat dari keempat kawasannya bahwa desain sistem pembelajarannya untuk kelas VII disesuaikan dengan kurikulum 2013 sedangkan kelas VIII dan IX disesuaikan dengan KTSP, desain pesan sudah berorientasi pada peserta didik dan penyampaiannya sangat maksimal, strategi pembelajaran masih berkutat pada ceramah dan hanya ada beberapa guru saja yang memiliki variasi strategi, dan karakteristik peserta didik lebih banyak peserta didik yang berjenis kelamin perempuan serta secara kognitif lebih baik kelas unggulan daripada yang non-unggulan.
     2.      Kawasan pengembangan, untuk teknologi cetak penggunaannya sudah sangat maksimal begitu pula teknologi audiovisual cukup maksimal hanya saja ada beberapa guru yang masih belum memanfaatkan media yang ada. Penggunaan teknologi berbasis komputer dan multimedia masih kurang maksimal, hal ini perlu ditingkatkan lagi baik dari pihak pengelola madrasah maupun guru untuk lebih meningkatkan penggunaan media komputer dan multimedia dalam pembelajaran.
    3.      Kawasan Pemanfaatan, pemanfaatan media cukup maksimal, difusi dan inovasi yang ada seperti pemisahan antara peserta didik laki-laki dan perempuan akan tetapi juga perlu ditingkatkan khususnya dalam inovasi teknologi pembelajaran, begitu juga dalam hal implementasi dan institusionalisasi.
      4.      Kawasan Evaluasi di MTs N Sumberbaru sudah mengacu pada teori evaluasi baik analisis masalah, evaluasi formatif maupun sumatif.
     5.     
Kawasan Pengelolaan di MTs N Sumberbaru baik SDM, infomasi serta peluang dan tantangannya sudah dikelola dengan baik dan maksimal.
DAFTAR PUSTAKA
Handoko, T.Hani. 2014. Manajemen. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Bandung: Rosdakarya, 1995
Salma P, Dewi. 2009. Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Tim Penyusun. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.




[1]Seels & Richey dalam Bambang Warsita, Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya (Jakarta: Rineka Cipta: 2008), 13.
[2]Mumfaridah, Observasi dan Wawancara, Sumberbaru, 11 Januari 2016.
[3]Zoedianto, Wawancara, Sumberbaru, 12 Januari 2016.
[4]Observasi, Sumberbaru, 11 Januari 2016.
[5]Mumfaridah, Wawancara, Sumberbaru, 11 januari 2016.
[6]Siti Asiyah, Wawancara, Sumberbaru, 11 januari 2016.
[7]Maisaroh, Wawancara, Sumberbaru, 11 januari 2016.
[8]Mar’atul Hasanah, Wawancara, Sumberbaru, 12 januari 2016.
[9]Zoedianto, Wawancara, Sumberbaru, 12 januari 2016.
[10]Roni, Wawancara, Sumberbaru, 12 januari 2016.
[11]Observasi kelas VIIC, Sumberbaru, 11 Januari 2016.
[12]Siti Asiyah, Wawancara, Sumberbaru, 11 januari 2016.
[13]Mumfaridah, Wawancara, Sumberbaru, 11 januari 2016.
[14]Maisaroh, Wawancara, Sumberbaru, 11 januari 2016.
[15]Mar’atul Hasanah, Wawancara, Sumberbaru, 12 januari 2016.
[16]Siti Asiyah, Wawancara, Sumberbaru, 11 Januari 2016.
[17]Mumfaridah, Maisaroh, Mar’atul Hasanah, Wawancara, Sumberbaru, 11-12 Januari 2016.
[18]Mumfaridah dan Mar’atul Hasanah, Wawancara, Sumberbaru, 11-12 Januari 2016.
[19]Siti Asiyah, Mumfaridah, Maisaroh, Mar’atul Hasanah, Observasi dan Wawancara, Sumberbaru, 11-12 Januari 2016.
[20]Observasi, Sumberbaru, 11 Januari 2016.
[21]Mumfaridah, Wawancara, Sumberbaru, 11 Januari 2016.
[22]Observasi, Sumberbaru, 11 Januari 2016.
[23]Zoedianto, Wawancara, Sumberbaru, 12 Januari 2016.
[24]Risa, Wawancara, Sumberbaru, 12 Januari 2016.
[25]Lilik Habibah, Wawancara, Sumberbaru, 11 Januari 2016.
[26]Zoedianto, Wawancara, Sumberbaru, 12 Januari 2016.
[27]Zoedianto, Wawancara, Sumberbaru, 12 Januari 2016.
[28]Baca kemabali hasil wawancara penulis dengan Bapak Zoedianto dalam laporan ini di halaman 5.
[29]Siti Asiyah, Wawancara, Sumberbaru, 11 Januari 2016.
[30]Mumfaridah, Wawancara, Sumberbaru, 11 Januari 2016.
[31]Mar’atul Hasanah, Wawancara, Sumberbaru, 12 Januari 2016.
[32]Observasi, Sumberbaru, 11 Januari 2016.
[33]Lilik Habibah, Wawancara, Sumberbaru, 11 Januari 2016.
[34]Lilik Habibah, Wawancara, Sumberbaru, 11 Januari 2016.
[35]Risa, Wawancara, Sumberbaru, 12 Januari 2016.
[36]Lilik Habibah, Wawancara, Sumberbaru, 11 Januari 2016.
[37]Mar’atul Hasanah, Wawancara, Sumberbaru, 12 Januari 2016.
[38]Mumfaridah, Wawancara, Sumberbaru, 11 Januari 2016.
[39]Warsita, Teknologi ..., 22.
[40]Warsita, Teknologi..., 23.
[41]Dewi Salma P, Prinsip Disain Pembelajaran (Jakarta: Prenada Media Group, 2009), 20.
[42]Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 2005), 1092.
[43]Warsita, Teknologi..., 24-25.
[44]Ibid., 25-26.
[45]Warsita, Teknologi..., 26
[46]Ibid., 27.
[47]Seels & Richey dalam Warsita, Teknologi..., 26.
[48]Warsita, Teknologi..., 29.
[49]Ibid., 33.
[50]Warsita, Teknologi..., 36.
[51]Warsita, Teknologi...,47.
[52]Ibid., 49.
[53]Warsita, Teknologi..., 49.
[54]Zoedianto, Wawancara, Sumberbaru, 12 Januari 2016.
[55]Warsita, Teknologi..., 53.
[56]Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Bandung: Rosdakarya, 1995), 5.
[57]Warsita, Teknologi..., 50.
[58]T.Hani Handoko, Manajemen (Yogyakarta: BPFE Yogyakarta, 2014), 4.
[59]Warsita, Teknologi..., 52.

0 komentar:

Posting Komentar